Kristadi, S.E: CARA MENGAJAR PRAKARYA DENGAN TIK

Thursday, August 30, 2018

CARA MENGAJAR PRAKARYA DENGAN TIK

Kurikulum 2013 membawa dampak yang kurang baik terhadap eksistensi Guru TIK di sekolah. Lab Komputer yang biasanya ramai dengan praktikum microsoft office atau internet menjadi sepi akibat dihapusnya pelajaran TIK (Teknologi Informasi & Komunikasi).

Mengajar Prakarya dengan LMS Moodle

Prakarya, LMS, Linux dan Oracle

Namun, apa boleh buat. Kebijakan sudah ditetapkan dan kita tak ada kemampuan untuk mengubahnya. Oleh karena itu carilah celah yang membuktikan bahwa TIK dapat masuk ke semua pembelajaran. Saya mengajar kelas 9 dengan jumlah siswa 304, berikut ini yang saya lakukan sebagai mantan guru TIK yang beralih ke prakarya.
  1. Jika ada proyektor, gunakan untuk mengajar siswa dengan menayangkan video pembelajaran prakarya berupa materi di power point, gambar/video contoh produk, contoh proses atau prospek kerajinan di masa mendatang. 
  2. TTS. Memaksa siswa untuk membaca buku dengan menyajikan quiz teka-teki silang. TTS akan memaksa siswa untuk membuka buku dan mencari jawaban/istilah untuk mengisi kotak TTS. Gunakan aplikasi crossword. 
  3. WORDSEARCH. Menghafal istilah yang ada di buku prakarya selain menggunakan TTS dapat menggunakan wordsearch (pencarian kata). Cara ini juga memaksa siswa untuk buka buku. Saya tidak pernah memberikan tugas untuk merangkum.
  4. Android untuk pembelajaran, yaitu dengan membuat grup WA kelas 7/8/9. Grup dijadikan media untuk informasi tugas offline/online (quiz online, laporan observasi (LK) online dengan google form).
  5. Observasi ke Tempat Kerajinan dengan GOOGLE MAPS. Ada beberapa LK yang menugaskan siswa berkelompok untuk melakukan observasi ke tempat-tempat kerajinan (contoh LK 4 Kelas IX). Saya meminta kepada siswa untuk memastikan lokasi pengrajin dengan google maps, tutorial saya berikan di grup WA. Jika siswa tidak punya android/tidak dapat menggunakan google maps, harus me
  6. Memasang PIN di google maps. Lokasi pengrajin yang telah diobservasi akan dipasang pin bussines di google maps. Tujuannya agar pemasaran mereka dapat lebih luas dan dikenal di dunia internet. Bagi siswa tentunya sangat baik meningkatkan kemampuan mereka dalam pemakaian android untuk pembelajaran, apalagi yang memiliki akun gmail dapat meningkatkan poin/level pemasangan pin di google maps.
  7. AUDIO RECORDER. Saat wawancara dengan pengrajin yang diobservasi, audio recorder android dapat digunakan untuk merekam hasil wawancara kemudian dituliskan ke format LK. 
  8. VLOG/VIDEO. Saya memberikan nilai + kepada kelompok yang dapat membuat vlog/video tentang kegiatan observasi pengrajin. Video/Vlog akan ditayangkan dengan proyektor saat presentasi kelompok. Saya berikan tutorial aplikasi android untuk edit video seperti Viva Video, Kine Master, dll silahkan klik disini.
  9. CHANNEL YOUTUBE. Siswa yang kreatif dan kompeten di bidang internet dapat diberikan pengetahuan pembuatan channel prakarya/kerajinan untuk menampung vlog/video kerajinan yang pernah dibuat. 

Apabila teknologi seperti tersebut diatas tidak dapat diterapkan karena keterbatasan perangkat dan kompetensi, maka saya sarankan buatlah metode pembelajaran yang sangat memungkinkan siswa aktif untuk mengekplorasi isi buku Prakarya K13. Saya yakin setiap siswa dapat buku karena pembelian buku K13 oleh dana BOS sifatnya wajib. Saya mengajar Prakarya kelas 9, berikut ini beberapa cara mengajar yang saya lakukan : 
  1. Saya biasanya ceramah sebentar untuk memberikan garis besar materi, tujuan pembelajaran dan target apa saja yang harus dicapai oleh siswa. Hari pertama belajar langsung saya beri tugas TTS, jika tidak selesai dikerjakan di rumah dan dikumpul minggu depannya. TTS dikerjakan oleh 2 orang (teman sebangku) Koreksi silang oleh kelas lain. 
  2. Pada pembahasan Aspek Kerajinan, ada materi Ciri/Karakteristik Bahan Kerajinan. Semua materi ada di buku, masalahnya siswa membaca buku atau tidak. Kita sebagai guru harus mampu menggerakkan siswa untuk buka buku. Saya menuliskan di papan tulis kata kayu, bambu, rotan, logam dan kaca dalam bentuk tabel berjajar. Saya memberikan sedikit clue kepada siswa, setelah itu saya menawarkan siapa yang dapat maju menuliskan ciri bahan kerajinan tersebut. Jika tidak ada yang maju, saya panggil acak nama diabsen terutama yang sering ribut di kelas/catatan tidak lengkap. 
  3. Pada pembahasan Proses Kerajinan, saya menayangkan video contoh proses kerajinan kayu/bambu/rotan/kaca/logam di Lab Komputer. Setelah melihat tayangan, saya meminta siswa untuk review video tersebut mengenai proses, alat dan bahan yang digunakan. 
  4. Pada pembahasan Proses Kerajinan di buku Prakarya. Sama dengan nomor 2 diatas saya memberikan clue proses kerajinan kayu, bambu, rotan, kaca, dan logam. Langkah/proses berikutnya dilakukan siswa dengan menuliskan di papan tulis secara sukarela/dipanggil. 
  5. Setiap 2x pertemuan, buku catatan siswa dikumpulkan untuk diperiksa. Hal ini penting untuk menunjukkan kesungguhan kita dalam mengawasi proses pembelajaran. Saya berikan warning bagi yang catatannya tidak lengkap, bahkan saya tidak mengijinkan mereka masuk lab komputer untuk presentasi atau CBT. 
  6. to be continue.....

Demikian, jika rekan-rekan guru ada pengalaman mengajar dari TIK ke Prakarya mohon saran dan kritiknya. Terima kasih.




Contoh TTS PRAKARYA Kelas IX Semester 1 TP. 2018/2019 :



Featured Post

Tutorial ANBK Assesmen Nasional

UNBK dihapus, sebagai penggantinya adalah AKM (Assesmen Kompetansi Minimum) atau AN (Assesmen Nasional) . UNBK berisi mata pelajaran UN, sed...

Popular Posts