Kristadi, S.E: Belajar Online Masa Pandemi Covid-19

Friday, September 4, 2020

Belajar Online Masa Pandemi Covid-19

Sekolah sepi. Hanya beberapa guru yang masuk, siswa tidak ada yang masuk. Ruang kelas kosong, kantin libur dan suasana sekolah lengang. Covid-19 telah menjauhkan kita semua, jaga jarak, pakai masker dan mengikuti protokol kesehatan menjadi trending. Dunia pendidikan sangat dirugikan, pembelajaran tatap muka dikurangi bahkan dilarang demi keselamatan anak didik kita. Pembelajaran jarak jauh menjadi solusi. 


Kelas online bermunculan, hampir semua platform aplikasi belajar online menghadirkan solusi agar siswa dan guru tetap belajar secara virtual. Beberapa situs penyedia aplikasi untuk pembelajaran antara lain : 

  1. https://www.skype.com/en/
  2. https://www.webex.com/
  3. https://www.microsoft.com/en-us/microsoft-365/microsoft-teams/
  4. https://classroom.google.com/u/0/h
  5. https://meet.google.com/
  6. https://zoom.us/meetings
  7. https://jamboard.google.com/
  8. https://docs.google.com/forms/
Itulah beberapa situs pembelajaran yang biasa dipakai oleh sekolah yang tergantung dengan pihak lain yaitu penyedia layanan belajar online. Jarang sekali sekolah merancang/membuat pembelajran digital (e-learning) secara mandiri menggunakan LMS (Learning Management System). Padahal pemerintah sudah banyak memberikan bantuan berupa server, pc dan tablet ke sekolah-sekolah. Terutama yang pernah UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer). 

Belum lama ini, Kemendikbud memberikan bantuan melalui BOS Kinerja dan BOS Afirmasi untuk perangkat pembelajaran digital/rumah belajar berupa server, tab android dan perangkat jaringan. Sebaiknya dievaluasi, sudah berfungsi atau belum peralatan tersebut. Kebertulan sekolah kami SMPN 1 Sidomulyo banyak mendapat bantuan dari Pemerintah Daerah maupun Pusat. Berikut ini tahapan pembelajaran digital di sekolah yang saya kelola : 
  1. Tahun 2017, Lab Komputer digunakan untuk Ulangan Harian berbasis komputer dengan aplikasi Exam Caraka dan Beesmart.
  2. Tahun 2019 (Mei), Selain untuk CBT Lab komputer digunakan untuk Rumah Belajar Offline. Content Rumah Belajar Kemdikbud di download dan ditanam ke server dengan aplikasi Slims (https://mychryz.blogspot.com/2019/08/kolaborasi-rumah-belajar-dengan-slims.html)
  3. Tahun 2020 (Juli- September), karena Pandemi Covid-19 sekolah memasang internet Indihome agar mendapatkan ip-publik untuk meng-onlinekan server CBT dan Moodle. 
  4. Mulai 1 September 2020, aplikasi CBT Exam Caraka yang offline dapat diakses secara online di alamat http://cbt-smpn1sidomulyo.ip-dynamic.com/
  5. Mulai 1 September 2020, Mata Pelajaran Prakarya Kelas 9 sudah menggunakan Moodle untuk pembelajaran online dengan alamat http://lmssmpn1sdm.ddns.net:8094
  6. Sejak Pandemi Covid-19, sebagian besar guru-guru menggunakan Google Classroom untuk PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh). Meskipun pada wala pandemi sempat menggukan aplikai SO (Soal Online) di play store. 
Begitulah pembelajaran yang berlangsung di sekolah kami. Rencana berikutnya yang belum terlaksana adalah mengisi content LMS Moodle dengan materi yang lengkap dan quiz menarik untuk meningkatkan minat siswa belajar secara online. 

No comments:

Featured Post

Tutorial ANBK Assesmen Nasional

UNBK dihapus, sebagai penggantinya adalah AKM (Assesmen Kompetansi Minimum) atau AN (Assesmen Nasional) . UNBK berisi mata pelajaran UN, sed...

Popular Posts