Kristadi, S.E

Thursday, June 1, 2023

Cara Membuat Surat Keterangan Prestasi Paralel

PPDB (penerimaan peserta didik baru) jenjang SMA/SMK Tahun Ajaran 2023/2024 menggunakan ketentuan baru yaitu prestasi paralel berdasarkan nilai rapor semester 1 - 5 untuk 7 mata pelajaran sebagai berikut :


Ketentuan Pemeringkatan Siswa Eligible oleh Sekolah :

  • Pemeringkatan siswa dilakukan oleh sekolah dengan memperhitungkan nilai rerata semua mata pelajaran semester 1 sampai dengan semester 5.
  • Sekolah dapat menambahkan kriteria lain berupa prestasi akademik dalam menentukan peringkat siswa bila ada nilai yang sama.
  • Jumlah siswa yang masuk dalam pemeringkatan sesuai dengan ketentuan kuota akreditasi sekolah.

Ketentuan kuota berdasarlam akreditasi:

  • Akreditasi A: 15 % terbaik di sekolahnya
  • Akreditasi B: 10 % terbaik di sekolahnya
  • Akreditasi C dan lainnya: 5% terbaik di sekolahnya

Bagi anda yang memerlukan contoh surat keterangan prestasi paralel silahkan download pdf  atau word  disini, dan jika memerlukan contoh excel data mailingnya silahkan download data skl 2023. Edit data sesuai sekolah anda dan untuk memudahkan link mailing word ke excel sebaiknya tidak mengubah kolom excelnya.

Contoh Mailing

Berikut ini contoh surat keterangan prestasi paralel yang dibuat dengan mail merge microsoft word :

Saya menggunakan mailmerge microsoft word untuk mempermudah pembuatan surat tersebut berdasarkan data excel yang digunakan untuk pembuatan SKL (surat keterangan lulus). Sekian, mudah-mudahan dapat membantu memudahkan pekerjaan anda. 




Monday, May 29, 2023

Solusi Kenaikan/Kelulusan Tidak Tampil di Erapor

Erapor K13 Versi 2.2 Semester Genap TA. 2022/2023 tidak tampil notifikasi Naik Kelas/Tinggal Kelas atau Lulus/Tidak Lulus seperti gambar di bawah ini : 

tidak ada notifikasi lulus/tidak lulus


tidak ada notifikasi naik kelas/tinggal kelas



Jika anda mengalami masalah tersebut saat cetak raport, maka solusi yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut :

1. Lakukan backup erapor untuk menghindari hilangnya data jika aplikasi error setelah diupdate
2. Pastikan file backup erapor tersimpan dengan baik
3. Untunk Jenjang SD, silahkan download updater semester
4. Kemudian paste replace di C:\eRaporSD\dataweb\eraporsd\raporsd\sinkron_dapodik\
5. Untuk Jenjang SMP, silahkan download info php
6. Kemudian paste replace di C:\eRaporSMP\dataweb\eraporsmp\view\

Setelah selesai paste replace, silahkan login kembali sebagai admin. Jika tampil notifikasi update berhasil klik ok aja. 

sumber : 
https://opekotabotim.blogspot.com/




Sunday, January 8, 2023

Absensi Digital dengan LMS Moodle

Salah satu fitur LMS (Learning Management System) Moodle adalah Attandance. Selain untuk pembelajaran digital offline di Lab Komputer atau di Kelas Android, LMS dapat digunakan untuk absensi siswa setiap hari oleh Ketua Kelas dan Guru BK. Dengan Absensi Digital, Guru BK dapat mengetahui tingkat kehadiran siswa per kelas secara up to date dan rekapitulasi laporannya dalam bentuk excel per minggu atau per bulan. Jika sudah dalam bentuk excel, maka guru BK dapat membuat rule atau grafik untuk melihat tampilan absen lebih spesifik terutama untuk siswa yang sering sakit atau alpa. 


Langkah-langkah penerapan absensi digital dengan LMS Moodle adalah sebagai berikut :

1. Install LMS Moodle versi 3.9, 4.0 atau 4.1 di Laptop/PC/Server

2. Pasang plugin attandance

3. Upload user by name by class

4. Kelompokkan siswa ke cohort

5. Upoad user Ketua Kelas

6. Upload user Guru BK

7. Buat course Attandance per kelas secara multi session, misalnya 2 Januari - 30 Juni (Semester Genap) atau 1 Juli - 31 Des (Semester Ganjil)



Setelah aplikasi LMS running dan course Absensi sudah dibuat, maka langkah berikutnya adalah :

1. Membuat jadwal laporan absensi oleh ketua kelas ke ruang BK setiap hari. Saya alokasikan 12 TAB Android untuk BK agar digunakan oleh Ketua Kelas dan Guru BK untuk absensi digital.

2. Pengaturan waktu laporan kelas 7, 8 dan 9 dibuat berbeda supaya tidak terjadi penumpukan ketua kelas di ruang BK. Misalnya Jam ke 2, Ketua Kelas 7 login absen digital, jam ke 3 Ketua Kelas 8, Jam ke 4 Ketua Kelas 9. Mereka cukup mencheklist hadir, sakit, ijin dan alpa siswa di kelasnya kemudian klik simpan. 

3. Guru BK dapat memantau seluruh kelas binaannya dengan TAB/Laptop/PC setelah ketua kelas tersebut melakukan absensi. 

4. Guru BK dapat mendownload laporan absensi dalam bentuk microsoft excel. 

Saya sudah uji coba absensi digital ini mulai 7 Januari 2023 dan sampai sekarang tidak ada masalah teknis/aplikasi. Ketua kelas berhasil login Absen LMS, mengisi absensi kelasnya masing-masing dan jika ada yang salah dapat diedit oleh Guru BK. Absensi digital ini dapat membantu Guru BK/Wali Kelas dalam memantau kehadiran siswa secara up to date tanpa harus menunggu rekap menjelang pembagian raport. 

Featured Post

Tutorial ANBK Assesmen Nasional

UNBK dihapus, sebagai penggantinya adalah AKM (Assesmen Kompetansi Minimum) atau AN (Assesmen Nasional) . UNBK berisi mata pelajaran UN, sed...

Popular Posts