Kristadi, S.E: Absensi Digital dengan LMS Moodle

Sunday, January 8, 2023

Absensi Digital dengan LMS Moodle

Salah satu fitur LMS (Learning Management System) Moodle adalah Attandance. Selain untuk pembelajaran digital offline di Lab Komputer atau di Kelas Android, LMS dapat digunakan untuk absensi siswa setiap hari oleh Ketua Kelas dan Guru BK. Dengan Absensi Digital, Guru BK dapat mengetahui tingkat kehadiran siswa per kelas secara up to date dan rekapitulasi laporannya dalam bentuk excel per minggu atau per bulan. Jika sudah dalam bentuk excel, maka guru BK dapat membuat rule atau grafik untuk melihat tampilan absen lebih spesifik terutama untuk siswa yang sering sakit atau alpa. 


Langkah-langkah penerapan absensi digital dengan LMS Moodle adalah sebagai berikut :

1. Install LMS Moodle versi 3.9, 4.0 atau 4.1 di Laptop/PC/Server

2. Pasang plugin attandance

3. Upload user by name by class

4. Kelompokkan siswa ke cohort

5. Upoad user Ketua Kelas

6. Upload user Guru BK

7. Buat course Attandance per kelas secara multi session, misalnya 2 Januari - 30 Juni (Semester Genap) atau 1 Juli - 31 Des (Semester Ganjil)



Setelah aplikasi LMS running dan course Absensi sudah dibuat, maka langkah berikutnya adalah :

1. Membuat jadwal laporan absensi oleh ketua kelas ke ruang BK setiap hari. Saya alokasikan 12 TAB Android untuk BK agar digunakan oleh Ketua Kelas dan Guru BK untuk absensi digital.

2. Pengaturan waktu laporan kelas 7, 8 dan 9 dibuat berbeda supaya tidak terjadi penumpukan ketua kelas di ruang BK. Misalnya Jam ke 2, Ketua Kelas 7 login absen digital, jam ke 3 Ketua Kelas 8, Jam ke 4 Ketua Kelas 9. Mereka cukup mencheklist hadir, sakit, ijin dan alpa siswa di kelasnya kemudian klik simpan. 

3. Guru BK dapat memantau seluruh kelas binaannya dengan TAB/Laptop/PC setelah ketua kelas tersebut melakukan absensi. 

4. Guru BK dapat mendownload laporan absensi dalam bentuk microsoft excel. 

Saya sudah uji coba absensi digital ini mulai 7 Januari 2023 dan sampai sekarang tidak ada masalah teknis/aplikasi. Ketua kelas berhasil login Absen LMS, mengisi absensi kelasnya masing-masing dan jika ada yang salah dapat diedit oleh Guru BK. Absensi digital ini dapat membantu Guru BK/Wali Kelas dalam memantau kehadiran siswa secara up to date tanpa harus menunggu rekap menjelang pembagian raport. 

No comments:

Featured Post

Tutorial ANBK Assesmen Nasional

UNBK dihapus, sebagai penggantinya adalah AKM (Assesmen Kompetansi Minimum) atau AN (Assesmen Nasional) . UNBK berisi mata pelajaran UN, sed...

Popular Posts