Kristadi, S.E: CARA BUAT SOAL PILIHAN GANDA DI GOOGLE FORM

Wednesday, September 20, 2017

CARA BUAT SOAL PILIHAN GANDA DI GOOGLE FORM

Jika anda seorang guru atau praktisi pendidikan yang tidak ingin bertahan dengan cara manual atau berbasis kertas untuk pengerjaan soal/kuis/PR/remedial atau berbagai instrumen penilaian berbasis kertas, maka dunia sekarang sudah ONLINE. Hampir semua aktivitas bisnis, pendidikan, komunitas dan informasi berbasis internet.


Janganlah kita menutup diri terhadap semua perkembangan tersebut. Jika anak sekolah mahir menggunakan gadget/hp/laptop maupun komputer warnet, kita sebagai guru/orang tua maupun pemerhati pendidikan sebaiknya mengikuti trend itu. Dunia telah berubah, tak sejadul masa kecil kita. Buatlah anak-anak didik kita belajar dengan teknologi yang mereka suka, bukan yang kita suka. Selipkan pembelajaran ke perangkat yang sering mereka gunakan, ambilah porsi waktu bermain mereka untuk belajar berbasis IT.

Media belajar semua jenjang telah tersebar di internet secara gratis, tetapi siswa belum tentu mengetahui cara mengaksesnya. Kita harus memberikan cara-cara tersebut agar mereka tidak tersesat. Buatlah daftar link/alamat web yang sangat menunjang pembelajaran secara up to date. Daftar link tersebut dapat diupload di group fb, twitter, instagram atau WA. Atau apabila anda punya blog sangat baik sekali untuk mengelompokkan materi pembelajaran tersebut ke halaman blog. Dengan demikian siswa cukup 1 pintu untuk memperoleh informasi yang diperlukan, hal ini untuk menghindari akses ke situs yang negatif.

Kemudian setelah materi pembelajaran, kita perlu mengevaluasi pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan guru dengan memberikan tugas/kuis. Cara paling mudah adalah buat soal di kertas dan difotokopi kemudian diedarkan kepada siswa lalu dijawab. Setelah itu guru akan sibuk dengan koreksi, rekap nilai serta analisis. Secara teknologi, pekerjaan itu telah banyak yang menawarkan jasa gratisan dengan berbagai bentuk aplikasi offline maupun online. Secara offline dapat menggunakan aplikasi CBT Exam Caraka sedangkan secara online dapat menggunakan GOOGLE QUIZ.

Berikut ini saya uraikan cara membuat kuis tugas/remedial secara ONLINE dengan google quiz/form sebagai berikut :
1. Buat akun gmail disini
2. Login ke gmail disini
3. Kunjungi google form disini
      Keterangan Gambar :
  1. Judul kuis, ubah dengan soal yang kita buat. Misalnya REMEDIAL TIK UH1 KLS 9
  2. Adalah akun siswa yang nantinya akan dipakai untuk menjawab soal. Supaya mudah dalam rekapitulasi skor, gunakan email kelas+absen. Contoh : 9a.01.amelia@gmail.com,9a.01.amelia@gmail.com, 9a.02.brian@gmail.com, 9b.01.ariska@gmail.com, dst. Email tersebut hanya alamat palsu, ga perlu buat email beneran.Yang penting siswa dapat login dan rekap nilai urut kelas urut absen. 
  3. Isilah dengan teks pertanyaan, jika ada gambar klik simbol gambar di sebelah kanan, kemudian upload gambar soal.
  4. Isilah dengan jawaban (bisa berup teks/gambar). Jawaban yang benar harus ditandai dengan chek list.
  5. Pilihan ganda
  6. Required, jawaban harus diisi oleh siswa. Jika tidak diisi, maka seluruh jawaban tidak dapat dikirim.



4. Untuk mempercepat pembuatan soal kuis, siapkan soal dan jawaban di microsoft word atau mengetik manual dengan melihat contoh soal di kertas.
5. Jika terdapat gambar, scan/foto gambar tersebut dan masukkan ke komputer dan beri nama soal dengan nomor soal agar tidak salah upload.
6. Setelah selesai membuat soal, maka buatlah pengaturan agar siswa tidak dapat mereview jawaban yang salah/benar supaya kerahasiaan soal terjamin.
7. Setelah siswa selesai mengirim jawaban, ijinkan siswa untuk melihat hasil skor.




8. Setelah selesai setting diatas, maka langkah terakhir adalah SHARE yaitu mendapatkan link yang akan dibagikan ke siswa melalui WA, FB, BLOG, TWITTER, DLL.




9. Copy link tersebut lalu bagikan. Anda dapat memantau jumlah siswa yang menjawab dengn cara login ke gmail dan buka link tersebut lalu pilih RESPONSE maka akan diperoleh data siswa yang telah menjawab berikut skor dan analisis berupa grafik soal mana saja yang prosentase jawaban benar/salahnya banyak/sedikit.



Contoh 20 soal pilihan ganda dengan google form (saya gunakan untuk remedi online) ;
REMEDI TIK KELAS 9 CBT 1
HASIL REMEDI TIK KELAS 9 CBT 1
REMEDI MTK KELAS 9 CBT 1
HASIL REMEDI MTK KELAS 9 CBT 1

Remedial PRAKARYA 9.1


Featured Post

Tutorial ANBK Assesmen Nasional

UNBK dihapus, sebagai penggantinya adalah AKM (Assesmen Kompetansi Minimum) atau AN (Assesmen Nasional) . UNBK berisi mata pelajaran UN, sed...

Popular Posts