Kristadi, S.E: Sehari Belajar di Lab IPA

Sunday, January 23, 2022

Sehari Belajar di Lab IPA

Anda mungkin pernah dengar program Sehari Belajar di Luar Kelas. Saya mengusulkan ke DIKDAS Dinas Pendidikan  Kabupaten Lampung Selatan Program Sehari Belajar Di Lab IPA bagi sekolah-sekolah yang telah menerima bantuan KIT IPA berupa peralatan Laboratorium IPA. 

Mengapa harus sehari (jam pertama sampai jam terkahir)?. Karena tidak mungkin mengenalkan dan melakukan praktikum IPA dalam waktu 30 - 60 menit. Waktu tersebut akan habis untuk persiapan alat/ruangan, perpindahan jam pelajaran, perpindahan siswa dari kelas ke lab IPA, dan penjelasan praktikum. 

Jika jam pertama sampai jam terakhir siswa tetap berada di Lab IPA, maka guru akan leluasa mengatur pembelajaran dan praktikum sehingga hasilnya maksimal. Siswa dapat mengenal alat dan bahan, proses dan rekasi hasil praktikum secara detail. Apalagi ditambah audio visual untuk menampilkan tutorial proses praktikum di LCD Proyektor. 

Maksud dari program ini adalah untuk memanfaatkan bantuan KIT IPA  yang telah diberikan  pemerintah daerah/pusat demi meningkatkan kompetensi science siswa.

Adapun tujuannya adalah :

  1. Peralatan Lab/KIT IPA tidak menganggur
  2. Mengenalkan peralatan praktikum siswa
  3. Mengenalkan panduan praktikum
  4. Melatih siswa menggunakan peralatan praktikum
  5. Melakukan praktikum IPA sesuai jenjang kelas
  6. Memberikan pemahaman kepada siswa tentang hasil-hasil praktikum
Untuk melaksanakan program tersebut, berikut langkah-langkah yang harus ditempuh sekolah :
  1. Menyiapkan ruang Lab IPA
  2. Menyiapkan KIT IPA
  3. Membentuk Kelompok
  4. Panduan Praktikum
  5. Pelaksanaan Praktikum
  6. Pembuatan jadwal sehari belajar di lab IPA secara bergantian
  7. Implementasi
  8. Jika diperlukan, membentiuk asisten Lab IPA. Yaitu siswa pilihan yang mahir dalam hal IPA.
Teknis pelaksanaannya adalah sebagai berikut :
  1. Siswa berada di Lab IPA (sesuai jadwal) dari jam pertama sampai jam terakhir
  2. Guru Mata Pelajaran/Guru Kelas mengajar di Lab IPA sesuai jam mengajar
  3. Guru mengajar dengan KIT IPA
  4. Pola semacam ini dilakukan secara bergantian setiap harinya
  5. Semua kelas akan mendapat giliran masuk Lab IPA dari jam pertama sampai jam terakhir secara terjadwal
  6. Waktu belajar lebih efektif, karena tidak ada perpindahan siswa dari kelas ke Lab IPA saat pergantian jam pelajaran.
  7. Guru IPA dapat menyelesaikan beberapa praktikum dalam 1 hari belajar di Lab IPA
Demikian, semoga inovasi ini menjadi inspirasi bagi kita semua demi meningkatkan kompetensi digital siswa-siswi di Kabupaten Lampung Selatan.

Saran dan Kritik sampaikan ke email : lamsel.edusociety50@gmail.com

No comments:

Featured Post

Tutorial ANBK Assesmen Nasional

UNBK dihapus, sebagai penggantinya adalah AKM (Assesmen Kompetansi Minimum) atau AN (Assesmen Nasional) . UNBK berisi mata pelajaran UN, sed...

Popular Posts