Kristadi, S.E: Siswa SMP kembangkan sepatu anti pelecehan dan raih prestasi internasional

Monday, January 19, 2015

Siswa SMP kembangkan sepatu anti pelecehan dan raih prestasi internasional

Pelajar dari Indonesia kembali menoreh prestasi di kancah internasional. Kali ini giliran siswa berhasil meraih medali emas di ajang International Exhibition of Young Inventors (IEYI) di Malaysia. Dia adalah Hibar Syahrul Gafur dengan temuannya berupa sepatu anti-pelecehan seksual. Sepatu ini dapat membantu para wanita untuk menghindarkan dari kejadian tak menyenangkan yang dialami para wanita.

Ia mengembangkan prototipe sepatu jenis wedges berwarna putih. Sepatu ini dilengkapi dua tembaga di bagian depan sepatu. Di balik keindahan tembaga tersebut, justru itu adalah senjata kunci dari sepatu ini. Tembaga dari sepatu ini mampu mengeluarkan tegangan hingga 450 volt. Sehingga jika ada penyerang, jika diberi tegangan ini akan langsung lemas.

Sepatu ini diklaim aman karena posisi switch on atau tombolnya berada di depan. Uniknya sumber tegangan listrik sebesar itu hanya dihasilkan dari baterai 9V saja. Dari tegangan 9V akan dialirkan ke sirkuit untuk dinaikkan tegangan hingga 450 volt.

Sepatu ini diklaim aman buat pengguna. Hal ini didikung karena pemicunya (switch on) ada di depan. Selain itu diujicobakan di air ternyata kedap air. Sepatu ini juga diklaim tidak akan membuat pemakainya malah kesetrum sendiri. Berkat temuannya ini, Hibar memperoleh medali emas di ajang IEYI ke 9 di Kuala Lumpur, Malaysia.

Semoga inovasi kreatif dan berguna ini dapat menjadi inspirasi bagi kaum muda yang lain untuk terus menciptakan sesuatu yang berguna bagi masyarakat.

sumber :
http://www.sekolahkampus.com/

No comments:

Featured Post

Tutorial ANBK Assesmen Nasional

UNBK dihapus, sebagai penggantinya adalah AKM (Assesmen Kompetansi Minimum) atau AN (Assesmen Nasional) . UNBK berisi mata pelajaran UN, sed...

Popular Posts