Kristadi, S.E: Sumber Pendapatan Google

Saturday, January 24, 2015

Sumber Pendapatan Google

Anda penasaran dan ingin tahu mengapa perusahaan raksasa teknologi dapat begitu mudah melakukan akuisisi membeli perusahaan lain untuk memperkuat barisan perusahaan mereka? Darimana datangnya uang mereka? Berdasarkan laporan yang didapat dari SEC (Securities & Exchange Commission), pendapatan Apple masih didominasi dari penjualan hardware, sedangkan Google masih dari bisnis iklan. Sementara Microsoft lebih banyak didapat dari piranti dan layanan.
Tiga perusahaan tersebut mendominasi di ranah teknologi di tahun 2014: Apple, Google dan Microsoft. Meskipun mereka saling berkompetisi satu sama lain dalam berbagai segmen, tiap perusahaan mempunyai perbedaan karakter keuangan. Cara terbaik untuk mengerti perbedaan dari tiga perusahan publik tersebut adalah dengan melihat rincian tiap laporan setiap kuartal, karena perubahan dan ekspansi yang mereka lakukan juga cepat dan bervariasi. Google mencoba melakukan difersifikasi dengan masuk ke hardware melalui akuisisi Motorola Mobility, sedangkan Microsoft mengumumkan bahwa tujuan dari perusahaan adalah fokus pada layanan mobile dan piranti. Berapa banyak ketiga perusahaan tersebut beralih dalam waktu 2 tahun ini. Jawabannya, anda dapat melihat sumber pendapatan dari tiap perusahaan yang dilaporkan. Berikut ini adalah ringkasan pendapatan mereka yang didapat dari laporan kuartal kedua tahun 2013.

Apple

aapl-revenue-h2-2013-620x420
Apple merupakan perusahaan hardware dan mendapatkan banyak pemasukan utama dari penjualan produk tersebut yang masih belum ada 7 tahun lalu seperti: iPhone dan iPad. Berikutnya adalah iTunes, yang dulunya merupakan layanan musik sekarang menjelma menjadi layanan aplikasi untuk pasar iOS yang terus berkembang.

Google

goog-revenue-h2-2013-620x452
Dua tahun lalu, Google mempunyai sumber pendapatan yang hampir seluruhnya berasal dari iklan. Menurut laporan tahun 2011, iklan menjadi sumber pendapatan Google sekitar 97 persen di tahun 2009 dan sekitar 96 persen d tahun 2010 dan tahun 2011. Gambaran tersebut sedikit berubah setelah Google membeli perusahaan ponsel Motorola, walaupun akhirnya Motorola dijual kembali ke Lenovo. Sumber “lain” termasuk konten digital dan produk lain selain produk Motorola dan iklan, mendapat persentase yang sangat keci. Setelah Motorola dijual ke Lenovo, pendapatan Google dari iklan kembali mendominasi menjadi sekitar 90 persen.

Microsoft

msft-revenue-h2-2013-620x482
Tahun lalu, Microsoft mengganti cara mereka melaporkan pendapatannya, membuat hal tersebut tidak mungkin untuk dijadikan perbandingan secara langsung terhadap bagaimana bisnis tersebut beralih dus tahun terakhir. Laporan yang lama membagi pendapatan berdasarkan produk software seperti Windows, Office, software Enterprise lainnya. Sedangkan di tahun 2014, bisnis Microsoft didominasi oleh layanan dan software enterprise, seperti yang terlihat dalam grafik. Lisensi komersial hampir memegang setengah dari pendapatan Microsoft, meliputi produk Windows Server, produk Windows dan Office untuk bisnis. Komersial lainnya didominasi tingginya pertumbuhan layanan perusahaan seperti Windows Azure dan Office 365.
Pada pelanggan umum, lisensi konsumen seperti OEM Windows, Office for home dan bisnis kecil serta Windows Phone memegang peranan penting dalam pendapatan Microsoft. Hardware umum meliputi konsol game Xbox dan layanan Xbox Live, produk Surface, PC serta aksesoris seperti keyboard dan mouse. Sedangkan kategori konsumen lain meliputi Windows Phone online store, Xbox game dan layanannya, iklan online di Bing dan Office 365 Home premium.
Sumber berita : ZDnet
Sumber gambar : Fake Steve
http://socialgadgetnews.com/business/inilah-sumber-pendapatan-terbesar-google-apple-dan-microsoft/

No comments:

Featured Post

Tutorial ANBK Assesmen Nasional

UNBK dihapus, sebagai penggantinya adalah AKM (Assesmen Kompetansi Minimum) atau AN (Assesmen Nasional) . UNBK berisi mata pelajaran UN, sed...

Popular Posts